PPCindo

KumpulBlogger

Search This Blog

Loading...

Sunday, February 13, 2011

Buncis (Phaseolus vulgaris L.)

Buncis (Phaseolus vulgaris L.)


Nama Lokal : NAMA DAERAH : (Sunda ) kacang buncis; (Jawa) buncis

NAMA SIMPLISIA Phaseoli Semen, Fabarum Semen, Buncis, Phaseoli Fructus, Phaseoli Legumina, Buah Buncis.

Uraian : Semak tegak atau membelit, panjang 0,3 - 3 m. Daun penumpu tetap melekat lama. Anak daun bulat telur, dengan pangkal membulat, meruncing, kedua belah sisi berambut, 5-13 x 4-9 cm. Tandan bunga duduk di ketiak, dengan 1-2 pasangan bunga. Tangkai tandan masif, setinggi-tingginya 6 cm, kerapkali Iebih pendek. Anak daun pelindung di bawah kelopak panjang 3-9 mm. Kelopak tinggi 5-8 mm, gigi yang teratas sangat pendek. Mahkota hampir selalu putih, menjadi kuning, kadang-kadang ungu, bendera pada pangkalnya dengan 2 telinga, luas memutar kurang dari 2 kali, sayap berkuku panjang. Benang sari bendera Iepas, lainnya bersatu. Tangkai putik dekat ujung berjanggut. Polongan dapatt berubah bentuk dan ukuran. Biji putih, kuning, merah, lila, coklat atau hitam. Keping biji dari tanaman kecambah muncul di atas tanah. Dari Amerika; banyak ditanam. Catatan: Biji dan buah dijumpai dalam banyak variasi dan diperdagangkan dengan nama yang sangat berbeda sebagai sayuran, buncis coklat dan putih, buncis spercie dan snijbonen, buncis peluru dan kievitsbonen, dsb. Bagian yang digunakan; buah dan biji.

Komposisi : KANDUNGAN KIMIA; Kandungan kimia dalam buah, batang, dan daun adalah alkaloid, saponin, polifenol, dan flavonoid, asam amino, asparagin, tannin, fasin (toksalbumin). Sementara kandungan kimia bijinya adalah glukoprotein, tripsin inhibitor, hemaglutinin, stigmasterol, sitosterol, kaempesterol, allantoin dan inositol. Kulit biji mengandung leukopelargonidin, leukosianidin, kaempferol, kuersetin, mirisetin, pelargonidin, sianidin, delfinidin, pentunididin dan malvidin. Dan buncis segar mengandung vitamin A dan vitamin C.

Penyakit yang Dapat Diobati : Khasiat Diuretik.

Kegunaan : Khasiat dari buncis adalah meluruhkan air seni, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan daunnya untuk menambah zat besi. Biji buncis berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah serta mengobati busung air dan beri-beri. Buncis juga berguna untuk memperlancar ASI.

Ramuan dan Takaran :
  • Kencing Manis : Buah Buncis 250 gr, dikukus. Dimakan sebagai lalap 3 kali sehari, tiap kali makan 250 gr.

No comments:

Post a Comment