PPCindo

KumpulBlogger

Search This Blog

Monday, February 14, 2011

Cempaka Putih (Michelia alba Dc.)

Cempaka Putih (Michelia alba Dc.)


cempaka+putih,+Michelia+alba+Dc. 6 Khasiat Pokok Bunga Cempaka (Petua Orang Lama)
Nama Lokal : NAMA DAERAH : Jeumpa gadeng (Aceh); Cempaka putieh (Minangkabau); Campaka bodas (Sunda); Pecari putih, Cempaka putih (Jawa); Campaka pote (Madura); Cempaka mawure (Sulawesi Utara); Bunga eja kebo, Patene (Ujung Pandang); Bunga eja mapute (Bugis); Capaka bobudo (Ternate); Capaka bobulo (Tidore). NAMA ASING: NAMA SIMPLISIA Micheliae albae Flos; Bunga Cempaka Putih.

Uraian :

Tumbuhan berupa pohon, tinggi sampai 30 m. Batang berkayu; daun tunggal, bulat telur, warna hijau. Bunga berwarna putih, harum. Tidak berbuah. Diperbanyak secara vegetatif. Bagian yang digunakan; bunga, daun, dan akar.


Komposisi : Alkaloid mikelarbina dan liriodenina. SIFAT KHAS Manis, pedas, dan menghangatkan. KHASIAT Ekspektoran dan diuretik.

Kegunaan :
Bunga : Bronkhitis, Batuk, Demam, Keputihan, Radang, Prostat.
Daun : Bronkhitis, Infeksi saluran kemih, Kencing sedikit.
Akar : Infeksi saluran kemih.

Contoh Pemakaian :

1. Pitam
  • Ambil beberapa kuntum bunga cempaka putih dan bersihkan. Kemudian, rebus bunga tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih, sejukkan air rebusan tadi sehingga agak suam kuku dan minum.
2. Bronkitis
  • Sediakan beberapa kuntum bunga cempaka putih dan bersihkan. Kemudian, rebus bunga tersebut sampai mendidih. Lalu biarkan air rebusan tadi, sehingga agak suam-suam kuku. Tuangkan air rebusan ke dalam gelas dan campur dengan sedikit madu. Aduk dan minum.
3. Bisul
  • Petik beberapa helai daun cempaka putih segar. Bersihkan dan tumbuk sampai lumat. Tempel atau tepek daun yang telah dilumatkan tadi ke tempat yang ditumbuhi bisul. Pastikan anda telah mencuci bisul terlebih dulu dengan air suam sebelum menepek daun tersebut.

No comments:

Post a Comment