PPCindo

KumpulBlogger

Search This Blog

Sunday, February 20, 2011

Mempercepat Koneksi Internet (Tunneling)

PART III
Salah satu cara mempercepat koneksi internet adalah dengan teknik Tunneling. Namun cara ini tidak bisa memberikan hasil yang maksimal. Pada dasarnya saat kita mengakses sebuah server (website), komputer kita akan diarahkan langsung ke server tersebut. Misal kita akan membuka sebuah halaman website yang servernya terletak di Amerika, maka komputer kita akan secara langsung mengaksesnya ke server tersebut, yaitu di Amerika.
Kita tak akan tahu berbagai masalah/hambatan yang akan ditemui saat perjalanan ke server/website tersebut. Maka bisa dibilang bahwa Teknik tunneling bisa disamakan dengan teknik pengiriman barang dengan bantuan kurir. Kurir akan melakukan semua kerumitan dan hambatan yang dihadapi agar suatu barang sampai ke tujuan.
Begitupun dengan tunneling, saat kita mengakses sebuah halaman website, komputer hanya akan meminta bantuan server untuk menyampaikan dan mengambil halaman demi halaman website yang kita tuju. Selain itu server tunnel akan mengkompresi data yang kita butuhkan, dan dengan begitu koneksi internet kita secara keseluruhan akan meningkat.
Namun perlu diketahui bahwa cara ini bisa dilakukan secara gratis maupun tidak. Karena sekarang banyak server tunnel yang menyediakan fasilitas ini dan kita diharuskan merogoh kocek untuk mendapatkannya, misal; Nitro, Toonel(dot)Net, TrafficCompressor, OnSpeed dll. Tapi tak perlu khawatir, bagi yang menginginkan teknik Tunneling gratis ada kok caranya, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini :


A. Syarat
  1. Komputer harus terkoneksi dengan internet.
  2. Teknik tunnel cocok bagi pengguna koneksi internet dengan fasilitas GPRS, tapi juga bisa untuk jenis koneksi lain.
  3. Komputer harus sudah terpasang software tunneling, misal Putty, silahkan download Putty 0.60 di http://www.soft32.com/Download/Free/PuTTY/4-19137-1.html
B. Langkah - langkah
Setelah semua syarat di atas sudah terpenuhi, lakukan langkah-langkah berikut :
  1. Ekstrak PuTTY 0.60 menggunakan WinRAR dan simpan PuTTY.exe pada drive Lokal Disk (C:) : WINDOWS
  2. Lalu klik Start Menu => Run dan masukan “putty -P 222 -N -D 9999 -C net@cepat.abangadek.com”, kemudian jendela DOS akan terbuka.
  3. Saat diminta password, ketik “cepat123”, tekan Enter. Saat memasukan password anda tidak akan melihat tulisan/password yang anda ketik (kosong), maka anda harus berhati-hati dalam memasukan password, jika salah maka PuTTY akan memberitahu anda, jika salah lagi PuTTY akan terminate (close). Namun jika setelah memasukan password PuTTY, tidak ada reaksi (kursor hanya turun) maka anda sudah betul.
  4. Arahkan supaya browser menggunakan SOCKS proxy di localhost, port 9999.
  5. Dengan begitu anda bisa menikmati browsing dengan kecepatan baru. Dan perlu diketahui bahwa server ini adalah milik kang Harry yang dengan gratis dan senang hati meminjamkan servernya di Singapura sebagai Tunneling, maka pantaslah bagi mereka yang menikmati tunnel tersebut untuk berterima kasih dan mendoakan mudah-mudahan amal kebaikannya di balas Allah SWT.

No comments:

Post a Comment