PPCindo

KumpulBlogger

Search This Blog

Monday, February 14, 2011

Dandang Gendis (Clinacanthus nutans Lindau)

Dandang Gendis (Clinacanthus nutans Lindau)


Nama Lokal : Nama Daerah: Ki tajam (sunda); Gendis (jawa). Nama Asing: Nama Simplisia: Clinacanthi nutans Folium; Daun Dandang Gendis.
Uraian : Tanaman perdu tahunan, tinggi lebih kurang 2,5m. Batang berkayu, tegak, beruas dan berwarna hijau. Daun tunggal, berhadapan, bentuk lanset, panjang 8-12mm, lebar 4-6mm, bertulang menyirip, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk malai, di ketiak daun dan di ujung batang, mahkota bunga berbentuk tabung, panjang 2-3 cm berwarna merah muda. Buah kotak, bulat memanjang berwarna cokelat.

Komposisi : SIFAT KHAS; Rasa pahit, bau aromatis. Sifat Kimiawi; Tumbuhan ini kaya akan kandungan kimia, alkaloid, saponin, dan minyak atsiri. 
Efek Farmakologis; Tanaman ini memiliki sifat mengefektifkan fungsi kelenjar tubuh, Meningkatkan sirkulasi Diuretic, anti demam dan diare.



Bagian yang Digunakan :  Daun Segar

Budi Daya : Perbanyakan tanaman dengan stek batang. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman yang cukup, menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar. Perlu cukup sinar matahari.

Kegunaan : Disentri, Kencing manis, Susah kencing.

Ramuan dan Takaran :
1. Kencing Manis
  • Daun Dandang Gendis segar 7 gr, Air 110 ml. Dibuat infus atau seduhan. Diminum 1 kali sehari 100 ml.
  • Daun segar 7 lembar ( sakit ringan / gejala awal) atau 21 lembar (sakit  berat ) di rebus dengan air 2 gelas  sampai tersisa 1 gelas, dinginkan, minum 2 kali sehari.

2. Susah Kencing
  • Daun segar 15 gr, direbus dengan air 1 gelas selama 15 menit, dinginkan kemudian disaring. Minum sekaligus.
3. Disentri
  • Daun segar segenggam direbus dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas, minum 3 kali sehari 1 gelas.
CATATAN...!!!  Resep untuk Kencing manis tidak tercatat dalam literatur tetapi biasa digunakan di Jawa. Efek abortivum tanaman ini belum diketahui oleh karena itu wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan obat ini.

No comments:

Post a Comment